Apa itu pengertian dan fungsi dari gambar tehnik

Apa itu pengertian dan fungsi dari gambar tehnik. Salam "Belajar AutoCAD". Sebelumnya artikel pengertian dan fungsi dari gambar tehnik ini saya tulis dalam bahasa Inggris (En.). Tapi sehubungan proyek-proyek yang harus saya kerjakan semakin padat, maka saya putuskan untuk menggunakan bahasa Indonesia saja. Maklum bahasa Inggris saya sangat jelek, hehe. Dan keputusan saya dalam hal ini saya rasa tepat, karena alasan kemampuan berbahasa, kesibukan pekerjaan tehnik sehari-hari yang padat. Selain itu, ini akan lebih interaktif mengingat para calon-calon insinyur Indonesia, masih banyak yang membutuhkan pelatihan "Cara menggambar dengan AutoCAD" sebagai bekal kelak nanti memasuki dunia kerja, agar suatu saat nantinya bangsa kita tidak ketinggalan jauh dengan bangsa lain dibidang tehnologi. Kalau bukan kita, siapa lagi?.

Baik, kali ini saya sajikan teori dasar dari gambar tehnik sesuai judul tersebut diatas, yaitu "pengertian dan fungsi dari sebuah gambar tehnik". Langsung ke pokok bahasan :

Pengertian dari gambar tehnik

pengertian-dan-fungsi-dari-gambar-tehnik


Gambar tehnik adalah bahasa atau alat komunikasi atau media untuk menyampaikan informasi data teknik. Berarti Gambar Tehnik berfungsi sebagai media penyampaian informasi, yang bisa berupa permintaan, perintah, data specifikasi, dan informasi lainnya.

Contoh :
Saya menerima pekerjaan pembuatan assembling-part dari perusahaan pelanggan. Saya menerima gambar part tersebut yang berisi data spesifikasi part diantaranya, material untuk part yang biasanya ada di kepala gambar, ukuran-ukuran part dan informasi-nformasi lain yang tertera pada gambar.

Gambar part (part-drawing), biasanya saya terima melalui e-mail, lalu saya cetak untuk saya pelajari semuanya ketentuan dari part yang akan saya kerjakan pembuatannya. Disini saya harus mengerti apa yang diminta pelanggan saya akan part tersebut. Selanjutnya ini mempengaruhi proses pembuatan, biaya pembuatan part, dan jadwal pembuatan part tersebut. Kalau ada satu hal yang tidak jelas, harus segera saya tanyakan kepada pelanggan sehingga tidak ada salah pengertian akan part yang dikehendaki oleh pelanggan.

Dari sedikit contoh proyek pembuatan part yang saya jelaskan diatas, anda tentu tahu betapa berbahanya jika saya salah mengartikan spesifikasi part yang diminta pelanggan. Berikut kerugian yang kira-kira akan kita derita jika terjadi salah mengartikan dari sebuah gambar tehnik :

a. Material
Material yang digunakan untuk membuat part yang salah belum tentu bisa digunakan lagi. Ini kerugian, bukan?.


b. Ongkos Kerja.
Kita harus membayar orang-orang atau karyawan yang bekerja membuat atau memproduksi part tersebut. Kita membayar mereka dengan uang berupa gaji. Sedangkan perusahaan anda atau bahkan anda tidak mendapatkan pembayaran.




c. Waktu
Tentu saja, bagi kita waktu adalah uang, ini bisnis. Anda tidak teliti, berati anda rugi. Rugi waktu sama dengan rugi uang. Hehe.. sapa mo so tombok e.. ?? Seharusnya waktu memberi anda uang, bukan waktu, mengeluarkan uang, sia-sia. Seharusya waktu yang hilang tadi, anda bisa gunakan untuk proyek lain yang menghasilkan.


3-Prinsips-dasar-dari-gambar-tehnik



3 Prinsips dasar dari gambar tehnik

Untuk dapat membuat dan membaca gambar tehnik dengan benar dan tepat, sudah selayaknya kita memahami bagaimana drawing itu dibuat dan di sajikan. Ada beberapa prinsip drawing yang kita harus ketahui.


Maka seharusnya sebuah gambar seharusnya :


a. Hanya memberi Satu Interpretasi saja.

Artinya : Sebuah gambar tidak boleh menimbulkan arti atau anggapan atau asumsi berbeda, bagi siapapun pembacanya. Ini menjadi penting, karena jika sebuah drawing memiliki arti yang lain, masing masing pembaca akan mengartikan atau mengasumsikan hal atau data yang berbeda.

b. Jelas.


Artinya : Karena fungsinya, sebuah drawing harus benar-benar jelas. Sehingga mudah di mengerti oleh pembaca drawing. Maksud dari drawing harus “Jelas” disini adalah drawing yang disajikan harus memiliki data yang tegas dan lengkap. Sehingga menghemat waktu untuk diskusi ulang. Dengan kata lain pembaca tidak perlu bertanya lagi ke pembuat drawing, sehingga proses selanjutnya dapat segera dimulai.


c. Sederhana tetapi memuat informasi yang lengkap


Pada sebuah drawing tehnik biasanya berisi pandangan-pandangan,potongan, detail, yang perlu saja, tetapi harus memberi informasi yang Lengkap. Sebuah benda kerja, tidak harus digambar dengan pandangan Depan, pandangan Atas, pandangan Samping, pandangan belakang. Bila benda tersebut, bentuk dan ukuran-ukuran nya, bisa dijelaskan/diwakili hanya dengan satu atau dua pandangan saja, pandangan-pandangan yang lain tidak perlu digambar.


Semoga sedikit pengertian dan fungsi dari gambar tehnik yang saya uraikan secara singkat diatas, dapat membantu memberi pemahaman tentang definisi dan manfaat dari gambar tehnik, yang memang sudah seharusnya kita fahami, tanpa ada keraguan.

Berikut artikel-artikel sederhana yang bagus serta bermanfaat bagi adik-adik calon dan pelaku tehnik
'Cara menggambar dengan AutoCAD', silahkan sempatkan waktu sejenak untuk membaca :
Salam.
 
Title : Apa itu pengertian dan fungsi dari gambar tehnik
Description : Apa itu pengertian dan fungsi dari gambar tehnik . Salam " Belajar AutoCAD ". Sebelumnya artikel pengertian dan fungsi dari gamb...

0 Response to "Apa itu pengertian dan fungsi dari gambar tehnik"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan di Belajar AutoCAD.Silakan tinggalkan komentar anda.
1. Kami etis dalam komentar.
2. Tidak ada spam,sara, apalagi pornografi.
3. Bagikan di sosial media Google Plus, Facebook,dan Twitter, agar bisa lebih bermanfaat.
4. Mari kita menjadi blogger atau pengunjung yang cerdas beretika.
5. Jangan minta ijin untuk salinan artikel, silah dipergunakan dan dibagikan.
6. Terima kasih.

Support : HOTLINE TERKINI | Cara Baru Berbagi Online
Copyright © 2013. Belajar AutoCAD - All Rights Reserved
Belajar AutoCAD Template Modified by Belajar AutoCAD
Proudly powered by GOOGLE
f
g+
Belajar AutoCAD on Social Media close button minimize button maximize button
fbLike us on Facebook
twitterFollow us on Twitter
G+Follow us on Google+
Back to top