Arah pandangan dalam AutoCAD

Sudah kita bahas sebelumnya tentang Aturan pandangan metode Amerika dan metode Eropa bagi yang belum membaca, silahkan dibaca disini. Kali ini saya akan berbagi sedikit mengenai "Arah pandangan dalam AutoCAD" atau dalam bahasa AutoCAD lebih dikenal dengan istilah "View direction". Mungkin bagi anda yang notabene seorang drafter yang berpengalaman, artikel ini sudah agak basi atau kadaluarsa, tapi bagi seorang drafter pemula seperti saya, ini akan menambah pengetahuan tentang pengelolaan pandangan (View management), juga nantinya berguna untuk penyederhanaan gambar. Tentang penyederhanaan gambar, mungkin nanti akan kita bahas pada artikel tersendiri, beserta contoh-contohnya. Baiklah kita langsung ke pokok bahasan tentang "arah pandangan".

Benda kerja biasanya digambar sesuai dengan posisi pemakaian. Tapi bila pemakaian benda tsb bisa berbeda-beda, maka penggambarannya sesuai posisi pengerjaan utama. "Pandangan utama harus memuat informasi yang sebanyak-banyaknya, atau selengkap-lengkapnya". Bila informasi tidak dapat digambar pada pandangan utama, barulah kita buat pandangan lainya. Misalnya pandangan kanan, kiri, belakang, atas, atau pandangan bawah.

arah pandangan


Pada contoh gambar diatas, terlalu banyak pandangan atau View, yang seharusnya tidak perlu. Gambar part tersebut sudah cukup terwakili semua feature-nya hanya dengan satu atau dua pandangan saja. Misalnya seperti ini.

cukup-lengkap-tanpa-Isometric-section-view

Bahkan sudah cukup terwakili, cukup lengkap tanpa Isometric Section View (view disebelah kanan). Contoh perbedaan kedua gambar tersebut diatas sudah mengikuti tehnik penyederhanaan gambar.

Bila pandangan tidak sesuai dengan keenam arah pandangan, maka dibuat pandangan khusus. Karena pada bentuk object tertentu tidak selalu bisa diwakili dengan pandangan-pandangan Orthogonal. Kalau pada kasus benda kerja yang seperti ini, tentu saja perlu dibuatkan pandangan dari arah tertentu. Lihat contoh sederhana berikut :

detail-view
Kesimpulan
=> Jumlah dan arah pandangan atau View pada sebuah gambar, seharusnya disesuaikan dengan bentuk dan feature dari obyek kerja. Dengan demikian, sebuah obyek yang sederhana, bisa digambar hanya dengan satu view saja. 
=> Sebuah gambar tehnik harus memuat informasi yang lengkap, tetapi sebisa mungkin terwakili oleh view atau julah pandangan sesedikit mungkin.
=> View utama, diusahakan memuat paling banyak informasi.
=> Penyederhanaan gambar melalui management view, tidak boleh menimbulkan interpretasi yang berbeda, antara pembaca gambar yang satu dengan yang lainnya.



Demikian tadi sedikit tentang "Arah pandangan dalam AutoCAD" dan dalam hubungannya dengan penyederhanaan pandangan, tanpa mengurangi fungsi dari sebuah gambar tehnik. Bagaimana menurut anda?. Giliran anda mengatakan pandangan anda di kotak komentar "Belajar AutoCAD" dibawah ini.


Title : Arah pandangan dalam AutoCAD
Description : Sudah kita bahas sebelumnya tentang Aturan pandangan metode Amerika dan metode Eropa bagi yang belum membaca, silahkan dibaca disini . K...

4 Responses to "Arah pandangan dalam AutoCAD"

  1. Penyederhanaan pandangan. Ini yang sering terlupakan oleh saya. Jadi pandangan utama harus memuat sebanyak mungkin informasi, jika ada sebuah dimensi atau fitur yang tidak bisa ditampilakn di pandangan utama, baru dibuatkan pandangan lain.

    Ini akan menghemat waktu dan ruang pada gambar. Saya setuju sekali akan hali ini mas.

    Terima kasih sudah memberi informasi yang terlupakan. Berkat ini saya mendapat penyegaran pengetahuan di dalam pengelolaan pandangan pada gambar tehnik.

    Salam sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bang Jack masih ingat. Hehe.. rame bang kerjaan?. D22 dapat banyakkah?.
      Thank ya sudah berkunjung.

      Delete
  2. Bagus mas, walaupun tehnik dasar, tapi saya bilang ini perlu.
    Semoga makin rajin Update artikel semacam ini.
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas. Semoga sempat. Dan terima kasih sudah mampir.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan di Belajar AutoCAD.Silakan tinggalkan komentar anda.
1. Kami etis dalam komentar.
2. Tidak ada spam,sara, apalagi pornografi.
3. Bagikan di sosial media Google Plus, Facebook,dan Twitter, agar bisa lebih bermanfaat.
4. Mari kita menjadi blogger atau pengunjung yang cerdas beretika.
5. Jangan minta ijin untuk salinan artikel, silah dipergunakan dan dibagikan.
6. Terima kasih.

Support : HOTLINE TERKINI | Cara Baru Berbagi Online
Copyright © 2013. Belajar AutoCAD - All Rights Reserved
Belajar AutoCAD Template Modified by Belajar AutoCAD
Proudly powered by GOOGLE
f
g+
Belajar AutoCAD on Social Media close button minimize button maximize button
fbLike us on Facebook
twitterFollow us on Twitter
G+Follow us on Google+
Back to top