Sekilas tentang 3D Modelling

Karena semakin hari semakin banyak peminat dari adik-adik calon insinyur-insinyur muda Indonesia yang tertarik dengan “Cara menggambar dengan AutoCAD”, Saya mulai bersemangat kembali mengelola blog saya yang satu ini. Walaupun hanya melalui Fanspage ‘Belajar AutoCAD’, saya bisa mengambil kesimpulan bahwa blog “Belajar AutoCAD” saya ini, cukup mendapatkan animo dari teman-teman pekerja tehnik, apalagi dari adik-adik kita yang masih duduk di sekolah Tehnik menengah. Semoga blog ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua.

Sebelum melanjutkan bahasan cara menggambar dengan AutoCAD secara tutorial teknis, pada artikel selanjutnya setelah ini, ada baiknya kita ulas sebentar tentang “3D Modelling”. Apa sih 3D Modelling pada AutoCAD itu?.

Sedikit mengingatkan saja, bagi yang belum tahu definisi ‘CAD, CAE, CAM’, silahkan terlebih kita fahami pengertian berikut dibawah ini :

Computer Aided Design adalah suatu program komputer untuk menggambar suatu produk atau bagian dari suatu produk. Produk yang ingin digambarkan bisa diwakili oleh garis-garis maupun simbol-simbol yang memiliki makna tertentu. CAD bisa berupa gambar 2 dimensi dan gambar 3 dimensi.
Berawal dari menggantikan fungsi meja gambar kini perangkat lunak CAD telah berevolusi dan terintegrasi dengan perangkat lunak CAE (Computer Aided Engineering) dan CAM (Computer Aided Manufacturing). Integrasi itu dimungkinkan karena perangkat lunak CAD saat ini kebanyakan merupakan aplikasi gambar 3 dimensi atau biasa disebut solid modelling. Solid model memungkinkan kita untuk memvisualisasikan komponen dan rakitan yang kita buat secara realistik. Selain itu model mempunyai properti seperti massa, volume, pusat gravitasi , momen inersia, luas surface.”

Sumber : id.wikipedia.org/wiki/CAD


Pemodelan AutoCAD 3D memungkinkan Anda untuk membuat gambar menggunakan solid, surface, dan mesh objek. Padat, surface, dan mesh objek menawarkan fungsi yang berbeda, yang, bila digunakan bersama-sama, menawarkan suite kuat alat pemodelan 3D. Sebagai contoh, Anda dapat mengkonversi primitif solid untuk mesh untuk mengambil keuntungan dari kekusutan mesh dan smoothing. Anda kemudian dapat mengkonversi model ke surface untuk mengambil keuntungan dari associativity dan pemodelan NURBS.

SOLID Modelling

Sebuah model solid atau permodelan padat adalah badan 3D tertutup yang memiliki sifat seperti massa, volume, pusat gravitasi, dan momen inersia.


sekilas-tentang-3D-modelling

Gambar oleh : AutoCAD 2012 © 2011   Autodesk, Inc.  All rights reserved

Mulailah dengan padatan primitif seperti kerucut, kotak, silinder, dan piramida dan kemudian modifikasi dan gabungkan mereka menjadi sebuah bentuk atau model baru. Atau menggambar polysolid ekstrusi kustom dan menggunakan berbagai operasi sweeping untuk membuat padatan dari kurva 2D dan garis.

Mulailah-dengan-padatan-primitif-seperti-kerucut-kotak-silinder-piramida


Gambar oleh : AutoCAD 2012 © 2011   Autodesk, Inc.  All rights reserved

Surface Modelling

Sebuah surface model adalah surface kulit tipis yang tidak memiliki massa atau volume. AutoCAD menawarkan dua jenis surface: prosedural dan NURBS. Gunakan surface prodecural untuk mengambil keuntungan dari modling asosiatif, dan menggunakan NURBS surface untuk mengambil keuntungan dari mematung dengan simpul kontrol.

Sebuah pemodelan alur kerja yang khas adalah untuk menciptakan sebuah model dasar dengan menggunakan jala, padat, dan surface prosedural, dan kemudian mengkonversikannya ke surface NURBS. Hal ini memungkinkan Anda untuk dapat memanfaatkan tidak hanya alat yang unik dan bentuk primitif yang ditawarkan oleh solid dan wireframe (kawat), tetapi juga kemampuan membentuk yang disediakan oleh surface - pemodelan asosiatif dan pemodelan NURBS (kurva).

surface-model-adalah-permukaan-kulit-tipis-yang -idak-memiliki-massa-atau-volume

Gambar oleh : AutoCAD 2012 © 2011   Autodesk, Inc.  All rights reserved

Anda membuat model surface dengan menggunakan beberapa alat yang sama yang Anda gunakan untuk model padat: Sweep, loft, ekstrude, dan revolve. Anda juga dapat membuat surface dengan memadukan, patch, offset, fillet, dan memperluas surface lainnya.

Keuntungan dari Modelling 3D
 
Modelling 3D memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya :
  • Melihat model dari setiap sudut pandang.
  • Menghasilkan standar yang dapat diandalkan dan pandangan 2D tambahan secara otomatis.
  • Membuat bagian dan 2D gambar
  • Hapus garis tersembunyi dan melakukan shading yang realisti.
  • Periksa gangguan dan melakukan analisis rekayas.
  • Tambahkan pencahayaan dan menciptakan render realisti.
  • Navigasi melalui mode.
  • Gunakan model untuk membuat animas.
  • Data salinan rincian manufaktur.
Sekian dulu yang bisa kami bagikan kepada anda pengunjung Belajar AutoCAD, Cara menggambar dengan AutoCAD, semoga bisa menyegarkan ingatan anda kembali dalam merancang produk, alat, atau lainnya, sehingga ini dapat memberi manfaat bagi kita semua.

Bagi teman-teman Belajar AutoCAD, bisa juga membaca :


 

 
Title : Sekilas tentang 3D Modelling
Description : Karena semakin hari semakin banyak peminat dari adik-adik calon insinyur-insinyur muda Indonesia yang tertarik dengan “Cara menggambar den...

0 Response to "Sekilas tentang 3D Modelling"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan di Belajar AutoCAD.Silakan tinggalkan komentar anda.
1. Kami etis dalam komentar.
2. Tidak ada spam,sara, apalagi pornografi.
3. Bagikan di sosial media Google Plus, Facebook,dan Twitter, agar bisa lebih bermanfaat.
4. Mari kita menjadi blogger atau pengunjung yang cerdas beretika.
5. Jangan minta ijin untuk salinan artikel, silah dipergunakan dan dibagikan.
6. Terima kasih.

Support : HOTLINE TERKINI | Cara Baru Berbagi Online
Copyright © 2013. Belajar AutoCAD - All Rights Reserved
Belajar AutoCAD Template Modified by Belajar AutoCAD
Proudly powered by GOOGLE
f
g+
Belajar AutoCAD on Social Media close button minimize button maximize button
fbLike us on Facebook
twitterFollow us on Twitter
G+Follow us on Google+
Back to top